Pages

Subscribe:

Kamis, 29 November 2012

CARA SETTING ACCESS POINT TP-LINK TL WA5210G

1. PEMANCAR

Cara Setting Akses Point TP-Link WA5210G " Pemancar dan Penerima (REPEATER) Versi 2
Selamat malam teman teman blogger, menindak lanjuti permintaan teman2 pengunjung setia blog saya ini, agar menampilkan gambar dalam postingan saya Cara Setting Akses Point TP Link WA5210G   nah postingan kali ini saya rasa cukup untuk mengobati rasa penasaran dengan dengan si Bongsor ini ya? Hahahahaha...
TP Link WA 5210G 1.1
 Pertama seperti biasa masuk ke web browser agan agan semua, Mozila, IE, Opera, dll... ketikkan IP address TP Link WA5210G 192.168.0.250 "saya sesuaikan dengan settingan saya" masukkan user dan password jika berhasil dan benar agan akan di hadapi dengan tampilan seperti gambar TP Link WA 5210G 1.1 diatas
TP Link WA 5210G 1.2

 Kemudian Klik pada Quiqk Setup ikuti pentunjuk seperti diatas gambar TP Link WA 5210G 1.2
TP Link WA 5210G 1.3
Jika Ingin menjadi Akses Point atau Pemancar langsung Klik / Centang Button AP, seperti petunjuk Gambar TP Link WA 5210G 1.3 kemudian Klik Next ,
TP Link WA 5210G 1.4
nanti anda akan dihadapkan dengan menu sesuai petunjuk Gambar TP Link WA 5210G 1.4 rubah SSID sesuai selera saya contohkan disitu LANET karna e karena warnet saya namanya itu hehehe, OK lanjut pada  Regional kalo agan orang Indonesia ya indonesia :), kemudian pada Channel "ini sangat penting ,dan harus betul betul teliti, agar tak terjadi tabrakan" bahasa kerennya interfensi jadi cari channel yang masih sangat jarang digunakan atau belum ada yang menggunakan, kemudian pada sisi Mode  sesuaikan gambar juga baik, itu defaultnya settingan TP Link WA5210G dan Klik Next selesai itu anda akan dihadapkan dengan tampilan seperti dibawah ini klik TP Link WA5210G 1.5 Finish,,, deh !
TP Link WA 5210G 1.5
OK kita lanjutkan sambil merokok 234 dan minum kopi Luak panas, karna disini atau ditempat saya suhu udaranya dingin kayak di Eropa pada musim salju. Errrgghhghgh....!!!!
TP Link WA 5210G 1.6
Pada point atau Gambar TP Link WA 5210G 1.6 anda harus masuk pada Menu Network , klik aja dan masukkan IP Address "saya sesuaikan contoh milik saya" 192.168.0.250 adalah Pengalamatan pada TP Link WA5210G Kemudian pada Subnet Mask disitu saya isikan 255.255.255.0 defaultnya karna sesuai Class IP , dan pada sisi Gateway saya isikan IP Address 192.168.0.1 Ip ini adalah IP dimana terdapat koneksi internet. kalo IP Modem Speedy 192.168.0.1 yah gateway nya harus Ip tersebut dimasukkan NB : sebagai catatan Class IP diatas harus sekelas, tidak boleh lain kelas. hahahaha
TP Link WA5210G 1.7
kita lanjutkan pada Gambar TP Link WA5210G 1.7 gambar diatas saya rasa udah jelas, jika menjadi Pemancar utama dari sisi Modem kita tidak perlu merubah settingan apapun pada menu tersebut, sebaliknya jika ingin menjadi Penerima "Client" maka yang dipilih Client / Penerima + Pemancar yang dipilih atau dicentang Universal Repeater / Pemancar saja "maksudnya adalah Pemancar dari sisi Client" yang dipilih Repeater. yah tinggal dipilih salah satu Button diatas, sesuaikan selera anda, Catatan Penting : Jangan lupa setelah memilih menu menu pada Wireless Mode diatas anda harus memilih Survey disini untuk memilih SSID Akses Point atau Pemancar mana yang ingin di hubungkan / Connectkan
TP Link WA5210G 1.8
Nanti akan muncul tampilan seperti Gambar TP Link WA 5210G 1.8 diatas ini, pilih salah satu SSID  trus Klik Connect, setelah itu jangan lupa di Save
TP Link WA5210G 1.9

TP Link WA5210G 1.10
saya rasa udah jelas ya agan agan semua.

2.  CLIEN

Saya ingin upgrade koneksi speedy dari socialia ke 1 Mbps. Tapi sayang SNR speedy sampai di desa saya kurang bagus. Socialia paling mentok. Jadi meskipun dikasi 1 Mbps, keluarnya tidak akan bisa maksimal.
Solusi yang diberikan oleh telkom adalah dengan memasang antena dari wilayah terdekat yang sinyal speedynya masih bagus. Dan ternyata itu jaraknya 2 KM dari tempat saya.
So, saya akhirnya memutuskan untuk konsultasi dengan pengelola sebuah toko jaringan di Malang. Konsultasi panjang lebar akhirnya diputuskan untuk membeli dua pasang TL-WA5210G beserta antena Grid. Dengan kabel LAN merek belden sepanjang 20 meter x 2.
Hari sabtu, 11 Juni 2011, sehabis memberikan seminar tentang “Pergaulan bebas dan dampaknya” pada mahasiswa semester 6 Jurusan Komunikasi Unibraw Malang, saya segera kembali lagi ke toko itu untuk membelinya. Ya harganya memang ga bisa ditawar, alias cukup mahal… He3… tapi karena sudah memberikan konsultasi, ya sudahlah ambil di situ. Ilmu kan mahal to ? he3… Padahal di tempat biasa saya beli harganya bisa dikasi diskon hingga 10% loh. Tapi mereka ga bisa ngasi advice.
Setelah sampai di rumah, segera saya set. AP utama sudah bisa jalan. AP client yang saya set seperti di petunjuk (petunjuknya irit banget neh.. kurang lengkap). Eh ternyata AP clientnya bisa konek ke AP utama, tapi internet ga jalan.. Wadoh…. Hingga keesokan harinya saya masih ga bisa membuat AP client bisa jalan internetnya.
Saya konsultasikan via YM ke toko tersebut, tapi jawaban CSnya membingungkan. Memang susah ngobrol dengan orang “pinter” itu. Bagi saya yang gaptek dengan hal baru ini tentu jengkel mendapat jawaban yang kurang mengena dan singkat-singkat.
Saya memang bisa setting AP (access point), tapi untuk AP client masih belum pernah.
Ya sudah, akhirnya saya taruh di gudang semua barang-barang tadi dan saya urungkan niat untuk membuat antena. Eh, ternyata ada owner Antarlangit.com yang mengomentari status saya di fb perihal tidak jalannya internet di AP client.
Ternyata setelah mengikuti buku petunjuk, petunjuk itu salah. Di buku petunjuk, untuk konfigurasi Point to Point, maka AP client harus diset di mode AP. Yang bener harusnya di set di mode AP client router.
Oke, berikut ini langkah-langkahnya :
1. Pada AP utama, aktifkan dulu HDCP server supaya memberikan IP secara otomatis pada AP client.
2. Buka utility AP client dengan mengetikkan 192.168.1.254 pada browser. Username : admin, Password : admin. (Jangan lupa untuk mengganti passwordnya!!!)
3. Pada Operation Mode, pilih “AP Client Router
https://lh6.googleusercontent.com/-iUqzMXmysEU/TfTa-46C9GI/AAAAAAAAAhs/itjnw0oWo4k/APclientTL-WA5210G-1.jpg

4. Pada WAN, pilih Dynamic IP
https://lh6.googleusercontent.com/-dNWxVDOsh9k/TfTa-mtrLFI/AAAAAAAAAho/MsNNcvdqaKw/APclientTL-WA5210G-6.jpg

5. Aktifkan DHCP server supaya memberikan IP ke LAN PC Anda secara otomatis. Dan set properties LAN pada PC Anda untuk dapat menerima IP secara otomatis juga.
6. Ubah IP LAN, misal 192.168.3.200
https://lh3.googleusercontent.com/-h5bu8VokTUk/TfTa--IzLYI/AAAAAAAAAhw/N6kdXFiRyFM/APclientTL-WA5210G-2.jpg

7. Pada wireless mode, pilih Client. Lalu geser ke bawah, klik survey. Klik connect. Lalu Save.
https://lh3.googleusercontent.com/-npsSiMdJBg4/TfTbA4hTrhI/AAAAAAAAAh0/vpu7L7XO6-I/APclientTL-WA5210G-3.jpg
https://lh5.googleusercontent.com/-ByLQQkPAecs/TfTbBTEfTTI/AAAAAAAAAh8/iJaSCZi4DGI/APclientTL-WA5210G-4.jpg
https://lh6.googleusercontent.com/-tOo_ni3sXNo/TfTbBciMTcI/AAAAAAAAAh4/ZsnG3V5aVaE/APclientTL-WA5210G-5.jpg

7. Selesai. Sekarang harusnya Anda sudah bisa berselancar di internet melalui AP client yang terhubung via LAN ke komputer Anda.

Untuk settingan pada AP tipe lain, prinsipnya sama saja.

3.  REPEATER

Selamat sore sobat sekalian.. Kali ini saya akan membagi sedikit pengalaman tentang cara seting Wireless Router TP-LINK TL-WA5120G sebagai Repeater..
Repeater sendiri berfungsi sebagai penguat signal dari Access Point utama.. Bagi sebagian orang, tentu saja tidak semudah yang kita bayangkan untuk setting Wireless Router ini sebagai Repeater..Untuk pengaturan TL-WA5120G sendiri tidak terlalu sulit.. Tapi jika belum mengenal radio ini atau belum mengenal jaringan (seperti saya) tentunya terasa sangat sulit.. :) Setelah mencari cara dengan dibantu simbah gugel (red: google) akhirnya bisa juga setting access point ini sebagai repeater..
Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya setting TP-Link TL-WA5210G menjadi repeater:
  • Masuk ke webconfig dari TPLink TL-WA5210G. (Dari browser buka ip default TPLink di http://192.168.1.254)
  • Kemudian Klik pada Menu Wireless Mode (Gambar 1 nomor 1)
  • Lalu Klik pada pilihan Repeater (Gambar 1 nomor 2)
  • Pilih Survey (Gambar 1 nomor 3)
  • Akan keluar SSID Access Point yang tersedia (Pilih SSID Access Point utama kita) (Gambar 2)
  • Lalu kita pilih Save.
  • Biasanya router akan melakukan reboot atau restart untuk mensetting konfigurasinya.
  • Selesai
Tidak terlalu sulit seperti yang dibayangkan bukan?? Tapi tunggu dulu.. Langkah ini belum selesai apabila kita menggunakan Userlogin untuk wireless AP Utama (Biasa penyedia layanan RT/RW Net).. Karna pada Radio utama atau yang akan kita perkuat signalnya harus di beri tambahan pengaturan WDS.
Karna Access Point utama saya menggunakan Nano Station 2, maka akan saya pandu cara nya dengan contoh AP Utama yang menggunakan Nano Station 2.
Berikut adalah cara setting WDS pada NS2:
  • Masuk ke webconfig NS2 (misal http://192.168.3.1)
  • Kemudian pilih tab Link Setup
  • Pada pilihan di Wireless Mode pilih Access Point WDS (Gambar 3)
  • Pada isian WDS Peers, isi dengan MAC Address Repeater kita.
  • Klik Save
  • Biasanya router akan melakukan reboot.
  • Selesai
Selesai sudah kita mensetting TPLink TL-WA5210G sebagai repeater dari Nano Station 2.
Berikut ini adalah gambar untuk mempermudah totorial pada artikel ini:
Router TPLINK TL-WA5210G
Gambar 1

Sumber :  dari berbagai sumber

7 komentar:

Hilman Niam mengatakan...

Lengkap,..maknyussssss,,..

Hendra kuniawan mengatakan...

numpang promosi...Ane mau jual [B]Access Point Outdoor 2.4GHz TPLink TL-WA5210G (54Mbps)Kondisi barang 99% baru beli kemarin tgl 18 Maret 2013 (Fullset)......
Include adaptor sama poe
Alasan jual : gak kepake dan Pengen beli usb wifi modem biasa saja
Rp.330.000 cod atau free ongkir jatim gan

Hendra kuniawan mengatakan...

no ane 089679211200

Comix ae mengatakan...

ada yang tau ga setingan TL-WA5210G buat nembak wifi trus kita sebar lagi dengan nama wifi baru

Riski Novanda mengatakan...

kalo ngebuat TL-WA5210G ini sebagai penguat sinyal modem usb bisa gak??
mohon pencerahannya

Comix ae mengatakan...

mas saya menggunakan TL-W5210G untuk menangkap sinyal hotspot terkunci WEP, tetapi saya sudah tau passnya, jika saya mau menyebarkan sinyal wifi dengan setting repeater apa bisa saya mengganti nama wifi dan paswordnya. caranya gmna mas?

Nurtang Gassing mengatakan...

Wadoo... Sdh Dapeet Gratis, mau di pancarkan lg, dengan nama bedaaah..

Poskan Komentar

Pengikut